Entri Populer

Februari 12, 2011

UAN dah deket, gimana ya tips dan trik ngadepin Listening dalam UAN Bahasa Inggris??

Listening Section dalam Ujian Nasional menakutkan???

Buanglah jauh-jauh anggapan itu, karena kalian akan merasa Listening lebih mudah setelah membaca artikel ini.

Yup.... Inez punya saran nie buat kawan-kawan yang suka gak bisa listening or dah nyerah karena dah gak kedengeran tuh kaset ngeluarin suara apa....
Yang paling penting saat UAN Listening adalah tunning telinga, so kalo kamu dah ngerasa pendengaran kamu dah kurang baik, mendingan kamu ke THT dulu deh....
hehehehehe.......

Saran Inez : 

1. Buat yang berkerudung jangan pake kerudung terlalu tebel, soalnya hal kecil ini pun dapat mengganggu kekuatan pendengaran kita saat UAN...

2. Cek dulu apakah telinga kamu dalam keadaan maksimal, caranya dengerin deh tuh lagu-lagu barat yang liriknya mudah dimengerti.. contohnya lagu-lagu Westlife. 

Coba mengerti apa lirik lagu itu dan kalo bisa tuh diartikan juga ya?? hehehehehe.... kalo telinga kamu dah bisa nangkep lirik lagu dengan bener, baru kita ke step 3..
 
3. Kalo kamu merasa pendengaran kamu kurang maksimal, kamu bisa tuh konsultasi sama ahlinya..
Nah, buat yang ngerasa pendengarannya dah cukup oke, kamu harus coba tunning dulu.
Tunning tuh coba dengerin kaset latihan UAN Listening yang ada, kalo kamu dah ngerasa mantap ama materinya, kerjain deh tuh soal-soal nya..

Buat yang ngerasa belum yakin, Inez saranin belajar lagi yang tekun ya..
hhehehehehehe....

4. Kalo kalian sudah siap, saat UAN berlangsung nanti, sebelum ujian dimulai, berdoa lah dulu dan tarik nafas dalam-dalam sebanyak 3 kali ( waduh kayak mau menghipnotis ala Uya Kuya nie.. hehehehe ) dan cobalah se-relax mungkin.

5. Kalo kaset sudah diputar dan suara sudah keluar (intro), kalian harus cek telinga kalian lagi, udah bener apa belom. Setelah itu usahakan kalian tulis point-point penting tentang apa yang udah di bacakan, gak usah satu kalimat, cukup point pentingnya aja (Bisa per kata, atau cuma kata kunci aja).

6. Usahakan kalian membaca pilihan jawabannya dulu, supaya mendapat bayangan apa yang ditanyakan (saat listening section part 3)

Nah, selesai sudah. Kalian bisa mencobanya dulu dirumah. Buatlah tempat kalian berlatih senyaman mungkin.
Nah, buat yang gak bisa konsentrasi karena suara bising atau pikiran ngelantur, buang dulu jauh-jauh pikiran selain yang ada hubungannya dengan Listening ini. Kalo kalian udah konsentrasi sama suara dari speaker dan gak menghiraukan suara yang lain, kalian akan tetep denger suara dari speaker meskipun ada kereta lewat sekalipun.


Sekian dari Inez, semoga bermanfaat buat kalian semua.
Kalo gak percaya, coba aja ya di rumah!!
Jangan kapok baca blog ini, Insya Alah, Inez akan bikin tulisan bermanfaat lainnya..

SELAMAT UJIAN DAN SUKSES SELALU..
SEMOGA KITA SEMUA LULUS 100%
                                      Inez_theDoctor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar